Pages

Jumat, 25 November 2016

Gudeg Khas Yogyakarta

Sejak puluhan tahun lalu gudeg telah menjadi kuliner kota Yogyakarta yang paling populer. Tak hanya sentra gudeg, hampir setiap sudut kota menyajikan masakan berbahan baku nangka muda ini.

Bila New York sering disebut sebagai "Big Apple" dan Jakarta sebagai "Big Durian", maka Jogja mungkin bisa disebut "Big Jackfruit" (Nangka Raksasa) karena kuliner gudegnya yang begitu populer. Masakan lezat berbahan baku nangka muda ini seolah menjadi makanan wajib bagi siapa saja yang sedang berkunjung ke kota Yogyakarta.

Gori (nangka muda) yang dibersihkan dari getahnya kemudian dimasak dalam kuah santan bersama bumbu dan rempah-rempah selama berjam-jam. Setelah matang, gori menjadi empuk dan agak manis. Gudeg biasanya disajikan bersama sambal goreng krecek (kulit sapi) pedas, telur pindang, tahu dan tempe bacem, serta ayam opor atau ayam bacem. Racikan yang terakhir, gudeg disiram areh gurih yang memberikan cita rasa khas yang tidak ada duanya. Nyam-nyam...

Berikut Resep Gudeg Khas Jogja (Porsi untuk 4 orang)

Bahan:
1 kg nangka muda, potong 3 cm
6 butir telur ayam rebus
1 Liter santan encer dari 1 butir kelapa
3 cm lengkuas
2 lembar daun salam

Bumbu, Haluskan:
100 g gula merah
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
3 sdt ketumbar butiran
2 sdt garam

Areh:
1 Liter santan kental dari 2 butir kelapa
½ Liter kaldu ayam siap pakai
3 cm lengkuas
1 lembar daun salam
1 batang serai
2 sdm kecap manis

Bumbu Areh, Haluskan:
35 g gula merah
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sdm ketumbar butir
1 sdt garam

Cara membuat:
Gudeg : Didihkan air, masukkan nangka. Tambahkan santan, lengkuas, daun salam dan bumbu halus. Masak di atas api kecil hingga matang dan bumbu meresap.
Areh : Didihkan santan dan kaldu, masak di api kecil sambil sesekali diaduk. Masukkan lengkuas, daun salam, serai, dan kecap manis. Aduk rata. Didihkan kembali sambil terus diaduk. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar