Pages

Sabtu, 08 Juni 2013

( Biografi Tokoh )

Materi dan Soal Bahasa Indonesia ( XI IPS )


Biografi

Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga.

Soal Biografi
Chairil Anwar 
Pria kelahiran Medan, 26 Juli 1922, ini seorang penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman. Salah satu bukti keabadian karyanya, pada Jumat 8 Juni 2007, Chairil Anwar, yang meninggal di Jakarta, 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan Dewan Kesenian Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra. 
Chairil Anwar memang penyair besar yang menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Hal ini, antara lain tercermin dari sajaknya bertajukKrawang-Bekasi, yang disadurnya dari sajak The Young Dead Soldiers, karya Archibald MacLeish(1948).
Dia juga menulis sajak Persetujuan dengan Bung Karno, yang merefleksikan dukungannya pada Bung Karno untuk terus mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945.
Sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro banyak diapresiasi orang sebagai sajak perjuangan. Kata Aku binatang jalang dalam sajak Aku, diapresiasi sebagai dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka.

1. Wacana di atas merupakan petikan biografi tokoh ….
A. Paku Alam
B. Chairil Anwar
C. Tjipto Mangunkusumo 
D. Douwes dekker

2. Hal yang menarik pada diri tokoh Chairil Anwar adalah ...
A. Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman.
B. Mendapat penghargaan meski Chairil sudah lama meninggal.
C. Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
D. Menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya pada Presiden RI.


3. Sebuah catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain disebut dengan.....
A. Biografi 
B. Riwayat Hidup 
C. Catatan kaki
D. Otobiografi


4. Yang bukan termasuk ciri-ciri biografi adalah....
A. Menceritakan riwayat hidup seorang tokoh.
B. Tokoh yang terdapat dalam biografi adalah tokoh penting yang berjasa pada kehidupan manusia.
C. Biografi bersifat teoritis.
D. Biografi ditulis oleh seorang penulis dan penulisan biografi harus objektif.
           
          Remy memulai karier sebagai wartawan pada surat kabar Sinar Indonesia yang terbit di Semarang pada tahun 1963. tiga tahun kemudian ia bekerja di majalah Tempo perwakilan Semarang. Pada tahun 1970, Remy menjadi redaktur majalah Aktuil di Bandung. Di luar jurnalistik, Remy dikenal sebagai seorang penulis kolom, esai, sajak, kritik dan buku tentang dramaturgi, musikologi, bahasa dan teologi.
5. kutipan biografi di atas menceritakan tentang ….
A. proses kreatif Remy Sylado 
B. perjalanan karier Remy Sylado 
C. latar belakang keluarga Remy Sylado 
D. karya-karya Remy Sylado di dunia sastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar