Pages

Jumat, 14 November 2014

Tips dan Trik Mengatasi Kecemasan, Grogi dan Minder

Kecemasan merupakan suatu respon dari pengalaman yang dirasa tidak menyenangkan dan di ikuti perasaan gelisah, khawati, dan takut.

Minder merupakan perasaan diri yang menganggap orang lain lebih baik dari dirinya. Orang yang merasa minder cenderung bersikap egosentris, memposisikan diri sebagai korban, merasa tidak puas terhadap dirinya, mengasihani diri sendiri dan mudah menyerah.

Grogi merupakan suatu perasaan mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan sebagai reaksi umum dari ketidak mampuan mengatasi suatu masalah atau tidak adanya rasa aman. Perasaan yang tidak menentu tersebut pada umumnya tidak menyenangkan, dan akan menimbulkan hal-hal seperti : tegang, gemetar, berkeringat, panik, detak jantung meningkat, dan tidak bisa berkonsentrasi.

Apabila kita merasakan kecemasan, grogi, dan minder kita perlu mengetahui tips dan trik untuk mengatasi semua itu agar kita dapat memaksimalkan semua pekerjaan tanpa adanya hambatan. Berikut tips dan trik untuk mengatasi kecemasan, grogi dan minder :

A.    Hadapi Rasa Takut
Rasa takut harus kita hadapi, jangan dihindari, karena rasa takut itu tidak akan berakibat seburuk yang kita bayangkan. Melawan rasa takut akan menambah rasa percaya diri kita.

B.    Lupakan Kegagalan Masa Lalu
Biasanya kegagalan dapat membuat kita merasa minder atau rendah diri. Namun, jika kegagalan tersebut terus menghantui kita, maka jadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran. Belajarlah dari kesalahan-kasalahan tersebut dan berusaha untuk memperbaikinya.

C.     Melakukan Persiapan Dengan Matang
Melakukan persiapan merupakan hal yang wajib kita lakukan untuk melakukan pekerjaan, tetapi apabila melakukan persiapan secara maksimal akan menambah kepercayaan diri kita.

D.    Pernapasan Perut
Pernapasan perut merupakan cara mengatasi grogi di depan umum yang paling nyaman. Hanya dengan mengambil napas dan mengeluarkannya selama kurang lebih lima menit bisa mengubah perasaan anda dengan cepat. Caranya dengan meletakkan tangan di atas perut, kemudian bernapas dalam-dalam melalui hidung. Tarik napas dan keluarkan sebanyak tiga puluh kali dengan lambat dan dalam.

E.     Fokus Pada Apa yang Terjadi Saat Ini
Hal ini berkaitan dengan pernapasan perut. Saat mengambil napas, rasakan apa yang terjadi sekarang. Hanya saat itu juga, proyeksikan diri pada apa yang akan terjadi saat ini. Grogi berasal dari proyeksi negatif tentang apa yang terjadi nanti. Ketika kita berhasil mengatasi grogi, akan terasa seperti telah dilahirkan kembali sebagai manusia. Saat mengingat kembali cara menghilangkan rasa grogi tadi dan berhasil melaluinya, kita akan merasa bangga pada diri sendiri, juga merasa puas dengan usaha yang telah kita lakukan.

Nama : Dania Purbawati
Kelas : 1EB28
NPM : 22214511

Tidak ada komentar:

Posting Komentar