Pages

Minggu, 09 Juni 2013

(Karya Ilmiah)

Materi dan Soal Bahasa Indonesia (XI IPS)



KARYA ILMIAH

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.

Sistematika Penulisan Karya Ilmiah
Bagian Pembuka
  Cover
  Halaman judul
  Halaman pengesahan
  Abstraksi
  Kata pengantar
  Daftar isi
  Ringkasan isi

Bagian Isi 
Pendahuluan
Latar belakang masalah.
Perumusan masalah.
Pembahasan/pembatasan masalah.
Tujuan penelitian.
Manfaat penelitian.
Kajian teori atau tinjauan kepustakaan 
Pembahasan teori.
Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan.
Pengajuan hipotesis.
Bagian penunjang 
Daftar pustaka.
Lampiran-lampiran antara lain instrumen penelitian.
Daftar Tabel.

SOAL KARYA ILMIAH

1. Tema karya tulis: Kirab Budaya sebagai Terapi Mental
untuk Memulihkan Kepercayaan Masyarakat Yogyakarta.
Latar belakang yang tepat untuk tema tersebut adalah ...
A.Kirab budaya adalah pawai dengan memberi persembahan ke Gunung Merapi dan laut 
selatan agar terhindar dari bencana yang lebih besar dan lebih mengerikan.
B. Kirab budaya merupakan acara yang dipercaya masyarakat dapat membebaskan mereka
dari bencana gunung berapi dan gempa bumi serta tsunami di Indonesia.
C. Masyarakat Yogyakarta ingin memulihkan kepercayaan pemerintah kepada mereka
dengan mengadakan kirab budaya sehingga wisatawan akan datang kembali.
D. Aktivitas gunung merapi dan terjadinya gempa bumi akhir-akhir ini telah mengganggu
masyarakat Yogyakarta sehingga pemerintah perlu mengadakan kirab budaya untuk memohon
keselamatan.
E. Pemerintah memandang perlunya mengadakan kirab budaya di Indonesia untuk
memulihkan mental masyarakat yang terkena bencana alam di Indonesia.

2. Judul karya tulis: menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
Penulisan Judul makalah yang tepat adalah ...
A. Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri.
B. Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri.
C. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan kepercayaan diri.
D. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri.
E. Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri.

3. Kalimat permintaan saran yang tepat dalam kata pengantar karya tulis adalah
A. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.
B. Fuji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT.
C. Terima kasih atas segala bantuan dari Bapak/Ibu.
D. Semua kritik dan saran Saudara kami tampung.
E. Penulis mohon kritik yang membangun untuk perbaikan karya tulis ini.

4. Seorang siswa membuat sebuah karya tulis bertemakan "Pantun."
Rumusan latar belakang berikut ini yang tidak sesuai dengan tema karya tulis tersebut
adalah ...
A. Banyak ditemukan bentuk-bentuk pantun yang tidak memenuhi aturan yang berlaku.
B. Pantun sekarang tidak lagi dikenal masyarakat, terutama kaum muda.
C. Acara "Berbalas Pantun" di televisi ternyata peminatnya sangat banyak.
D. Banyak dijumpai pantun baru hasil ciptaan para remaja yang menarik
E. Banyak lagu-lagu yang syairnya ternyata berbentuk pantun.

5. Perhatikan kesimpulan karya tulis berikut!
Berdasarkan uraian tersebutjelaslah bahwa minat dan apresiasi sastra siswa SMA terhadap
puisi cukup tinggi.
Kalimat saran yang sesuai dengan kesimpulan isi karya tulis tersebut adalah ...
A. Hendaknya sekolah-sekolah mengundang para penyair untuk membacakan puisi-puisinya.
B. Hendaknya pemerintah menyediakan gedung khusus pengembangan sastra.
C. Hendaknya siswa SMA mengumpulkan bermacam- macam puisi dan membukukannya.
D. Hendaknya lomba baca puisi dapat dijadikan kegiatan intrakurikuler dalam kurikulum
sekolah.
E. Hendaknya minat dan apresiasi puisi yang telah dimiliki siswa lebih dikembangkan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar